Indonesia adalah
negara yang wilayahnya sangat luas dengan penduduk yang terdiri dari berbagai
suku bangsa, dengan berbagai bahasa daerah, serta berbagai latar belakang
budaya yang tidak sama. Keadaan kebahasaan di Indonesia kini ditandai dengan
adanya sebuah bahasa nasional yang sekaligus juga menjadi bahasa negara, adanya
ratusan bahasa daerah, dan adanya sejumlah bahasa asing, yang digunakan atau
diajarkan di dalam pendidikan formal. Masalah umum yang berkenaan dengan status
sosial dan politik ketiga bahasa itu, masalah penggunaannya, masalah saling
pengaruh di antara ketiganya, masalah pembinaan, pengembangan, dan
pengajarannya.
Terkait
dengan bahasa Indonesia berasal dari Pijin yang dilontarkan oleh R.A Hall, tampaknya
pernyataan tersebut kurang benar. Ada beberapa bukti yang menyanggah yang
dilontarkan oleh Kridalaksana terkait dengan bahasa Indonesia berasal dari
Pijin.
Masalah
pendidikan dan pengajaran bahasa sebagai salah satu topik dalam sosiolinguistik
dan sebagai salah satu sarana untuk pembakuan dan pembinaan bahasa. Dalam
pendidikan formal, pendidikan bahasa Indonesia mempunyai dua muka, pertama
bahasa sebagai pengantar dalam pendidikan dan kedua, sebagai mata pelajaran
bahasa Indonesia termasuk mata pelajaran yang penting. Oleh karena itu, ada
ketentuan dalam pendidikan formal di tingkat dasar dan di tingkat menengah
bahwa mata pelajaran bahasa indonesia tidak boleh bernilai kurang untuk lulus
atau naik kelas.
Secara
nasional kedudukan bahasa Indonesia adalah pada tingkat pertama, bahasa daerah
adalah pada tingkat kedua, dan bahasa asing pada tingkat ketiga. Namun apabila
dilihat dari segi emosional, keakraban, dan perolehan bahasa bisa saja
kedudukan ketiga bahasa tersebut dapat berubah. Oleh karena itu, ada hubungan
yang saling menentukan dalam menguasai dan mampu berbahasa antara penguasaan
kaidah, kemampuan menggunakan logika dengan benar, dan frekuensi berlatih
menggunakan bahasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar