Sabtu, 06 April 2013

Profil Sosiolinguistik di Indonesia


            Indonesia adalah negara yang wilayahnya sangat luas dengan penduduk yang terdiri dari berbagai suku bangsa, dengan berbagai bahasa daerah, serta berbagai latar belakang budaya yang tidak sama. Keadaan kebahasaan di Indonesia kini ditandai dengan adanya sebuah bahasa nasional yang sekaligus juga menjadi bahasa negara, adanya ratusan bahasa daerah, dan adanya sejumlah bahasa asing, yang digunakan atau diajarkan di dalam pendidikan formal. Masalah umum yang berkenaan dengan status sosial dan politik ketiga bahasa itu, masalah penggunaannya, masalah saling pengaruh di antara ketiganya, masalah pembinaan, pengembangan, dan pengajarannya.
Terkait dengan bahasa Indonesia berasal dari Pijin yang dilontarkan oleh R.A Hall, tampaknya pernyataan tersebut kurang benar. Ada beberapa bukti yang menyanggah yang dilontarkan oleh Kridalaksana terkait dengan bahasa Indonesia berasal dari Pijin.
Masalah pendidikan dan pengajaran bahasa sebagai salah satu topik dalam sosiolinguistik dan sebagai salah satu sarana untuk pembakuan dan pembinaan bahasa. Dalam pendidikan formal, pendidikan bahasa Indonesia mempunyai dua muka, pertama bahasa sebagai pengantar dalam pendidikan dan kedua, sebagai mata pelajaran bahasa Indonesia termasuk mata pelajaran yang penting. Oleh karena itu, ada ketentuan dalam pendidikan formal di tingkat dasar dan di tingkat menengah bahwa mata pelajaran bahasa indonesia tidak boleh bernilai kurang untuk lulus atau naik kelas.
Secara nasional kedudukan bahasa Indonesia adalah pada tingkat pertama, bahasa daerah adalah pada tingkat kedua, dan bahasa asing pada tingkat ketiga. Namun apabila dilihat dari segi emosional, keakraban, dan perolehan bahasa bisa saja kedudukan ketiga bahasa tersebut dapat berubah. Oleh karena itu, ada hubungan yang saling menentukan dalam menguasai dan mampu berbahasa antara penguasaan kaidah, kemampuan menggunakan logika dengan benar, dan frekuensi berlatih menggunakan bahasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar